Minggu, 17 Februari 2013

Dimana Sih Panglima Burung Itu


SEJARAH DAERAH
Panglima burung , seperti apa sebenarnya kisah dari cerita ini ,dan apa benar kalau panglima burung itu ada ?. Dalam hal ini membuat Saya sangat penasaran Karena untuk di saat ini saya pun belum pernah melihat langsung wajah nya sang panglima burung ini tetapi hanya mendengar-dengar sebutan itu sih sangat sering bahkan mendengar dogennya pun ada .
Dan dalam lengenda masyarakat dayak ,Ada mahluk yang sangat agung dan kasatria ,konon nya sosok mahluk ini tingal di gunungan pedalaman Kalimantan,dan bersifat di alam gaib dalam pimpinan spritual , panglima guru perang dan paling tertua ialah Panglima perang dayak yang di sebut dayak pedalaman adalah

Panglima Burung banyak macam cerita tentang palima besar suku dayak yang mencatut tentang panglima burung , terututama pada kejadian di sambas dan sampit pada masa itu ,dan ada yang bilang kalau panglima burung ini hidup di perbatasan kalimantan barat dan kalimantan tengah ,
Bahkan ada juga yang bilang panglima ini berbentuk gaib ,bisa menyerupai cowok dan cewek .bahkan bisa menyerupai bermacam-macam hewan itu pun tergantung dari situasinya .
Dari cerita panglima burung merupakan sosok yang telah tiada namun ,kononnya Rohnya bisa di aja berkomunikasi melalui acara ritual .dan melalui cerita dia menjelma melalui burung Engang Yang di angap sangat suci bagi orang dayak pedalaman.
BURUNG ENGANG



Selain banyak cerita ,panglima burung ini juga tingal di,tarakan,sampit,kalteng,bahkan di pontianak.
Tetapi disini untuk masing-masing berbeda kepercayaan ada 3 cara macam yakni:
1. Percaya
2.Tidak _percaya dan
3.Ragu-Ragu
Dan sampai saat ini belum ata Otentik panglima burung adalah benar-benar sejati.
Banyak isu cerita beredar yang saya dapat dapatkan,namun menurut ku .Panglima ini digambarkan apa dan siapa sih panglima burung itu.ialah Sosok seorang dayak yang kebal pada orang dayak sedangkan panglima burung adalah mengambarkan ke beranian orang dayak baik itu sifatnya.
Terus bagaimana dengan panglima burung ini : bisa melambangkan orang dayak ,selaio kebal dan sakti ,panglima burung ini ,kalem ,penyabar dan tak membuat ke onaran .
Karena ini sesuai dengan tipikal orang dayak penyabar dan ramah bahkan pemalu.dalam kehidupan masyarakat .dapat dikatakan pemalu tetapi ketika menerima tamu mereka cukup ramah dan tamah sesuai dengan kriteria nenek moyang .
Kesederhaan sangat identik walau pun tidak mempunyai rumah mewah seperti istana ,ia dapat bersembunyi dan bertapa menyatu pada alam.
Masyarakat dayak pedalaman tidak peduli dengan nominal uwang cukup hanya berbarter kopi dan rokok kretek.
Kononya panglima burung jarang menampakan dirinya karena beliau tidak suka pamer apa lg memamerkan kekuatannya .
Jadi anda harus tau kesimpulannya .panglima burung antara ada dan tiada namun disini tergantung kepercayaan anda masing-masing.

1 komentar: