Kamis, 21 November 2013

Gunung Samahung Raya Pahauman Kecamatan Sengah Temila

GUNUNG SAMAHUNG RAYA .cerita daerah .postep by DIUS PANSER

Gunung samahung raya ,entah kenapa di beri nama gunung samahung nek raya , saya juga gak tau ! ,akan tetapi nama ini sangat unik bangat deh buat sebutan sebuah gunung .

gunung ini di kelilingi beberapa kampung yang cukup banyak di antaranya ,

Pahauman , Simpang ubah , Ubah , sabatih , Tolokng , Jahingan , Kapayang , Kuranyi Birah , kampung saham , Binge ,Palanyo , Kase , Poo, Nangka , Pate ,Padakng Simpudu ,Angkabang ,Raden ,Kalapa Sakayu ,Kabadu,Simpang Kabadu ,Dan Tembus Di Pahauman Lagi .

Nah pas ,bangat bukan , ibaratnya gunung ini di kelilingi sejumlah kampung ,seperti yang udah saya sebut kan ! ,coba kita lihat tampilan gunung nya ,

samahung1-001.jpg?w=330

samahung2-001.jpg?w=330

Dan untung nya gunung ini , bukan gunung merapi ,kalau sempat ini gunung merapi , huh betapa gelisahnya hati rakyat yang tingal di daerah ini ,aku yakin deh .gak jauh-jauh saya sendiri misalnya , saya yang bertempat tingal di dusun raden ,gunung nya sangat dekat bangat .

Selain ke indahan dari gunung ini , juga banyak terdapat pokok durian "mangkanya setiap musim durian orang-orang banya membuat pondok durian di dalam gunung ini , ada pun nama tempat - tempat pokok durian yang saya ketahui misalnya , dari belakng rumah saya dulu ya .

Timawakng Angkabang ,Binuang ,Kalampe ,Barinang ,Ansahit ,Kaepet , ,. Pokoknya banyak namanya deh , saya juga tidak terlalu paham nama -nama hutan di gunung ini ,dan yang saya ceritakan di sini hanya yang bagian sebelah saya sob ,kalau di baliknya saya gak tau karena di sana udah bagian kampung lain ,seperti kampung kapayang tadi ,

Situasi pondok durian di gunung semahung .

dago.jpg?w=300

Buah Durian Di Gunung Semahung

duriann.jpg?w=300

Masalah ketingian nya ,kurasa gunung ini sangat tingi sekali " bayangkan saja saya pernah melihat gunung ini dari kampung pagung nahaya ,padahal udah sangat jauh , tapi ternyata masih nampak .

Sedangkan gunung semahung ada dua gunung , yakni ,semahung 1 dan semahung 2 ." kalau masalah mau cari rebung juga masih ada !! .

,cuman hati-hati aja , buat para blogger di GUNUNG SEMAHUNG , , , , , masih ada daun yang sangat aneh " nama daun ini DAUN JELATANG ! , kenapa saya bilang daun ini sangat seram " karena daun ini sempat tersentuh sedikit pun badan atau kulit kita akan bengkak ,bahkan dapat membuat kita demam , dan kalau terkena air bisa perih .

5 komentar:

  1. Cerita ini menurut , pengalaman ku sendiri .maaf jika kurang jelas mohon masukan nya

    BalasHapus
  2. mav gan.,. boleh bertanya gak ni.,.,.
    akses menuju gunung semahung lewat mana ya yang dekat.,,., tks gan.

    BalasHapus
  3. lewat kampung halaman ku gan dusun raden desa paloan

    BalasHapus
  4. Hallo gaesss..pergi ke gunung samahung raya...sangat lh asyikkk cuman hati² disana masih banyak tempat² keramat yg masih dipercaya oleh penduduk sekitaran gunung/bukit samahung raya.karena disana lh banyak tempat bermukim nya arwah para leluhur orang dayak yg ada di samahung raya.

    BalasHapus
  5. Disamahung raya juga ada tempat wisata yg sering didatangi oleh para pengunjung wisatawan...salah satunya "riapm sabada"

    BalasHapus