Jumat, 20 Desember 2013

Gula Aren Kalimantan Barat

CERITA DAERAH ,TIPS DAN TRIK ,

Gula aren , gula yang sangat di cari masyarakat biasanya pada saat hari raya atau acara pesta di rumah ,kususnya masyarakat dayak ,kadang kala payah juga mendapatkan gula aren ini karena pengerajin gula aren ini udah banyak yang tua-tua ,sedangkan anak_anak muda jaman sekarang mana tau ,. Ada pun tau tapi gak seberapa lah .

Sedangkan gula aren sendiri sangat alami Untuk Melihat pohon aren Anda dapat datangi pegunungan-pegunungan yang sangat tingi ,dan pada kususnya di daerahku lah ,di pahauman dusun raden desa paloan ,di gunung semahung banyak .

GUNUNG SEMAHUNG RAYA PAHAUMANitu lah gunung dimana pohon aren berada ,dan untuk pembuatan nya mari kita belajar ,Para petani aren biasanya pergi untuk menyadap atau memotong mayang (bunga) yang masih mudah ,tetapi hal ini memang udah di proses sebelum nya di pukul-pukul serta di gantung pake tali (DI PALO KALAU PAKE BAHASA DAYAK) ,nah setelah itu siap untuk menyadap ,di siapkanlah bambu yang besar 2,atau 4 ruas panjang nya ,untuk menebur air aren .

setelah di ambil dan datang kerumah siapkan kuali ,kayu api ,di saring dan tuangkan di kuali kemudian di masak sampai gula mengental ,dan kalau udah mengental langsung aja anda tuangkan di cetak kan yang udah tersedia kemudian didinginkan ,kalau udah begitu nah pembuatan gula aren nya udah selesai deh

dan gula aren siap di pasarkan ,dari harga bermacam-macam Bisa perkilo dan bisa perbutir harga main rp.6000 ribuan perkilo di tempat ku ,lumayan burah kan .

nah kurasa itu ja dulu ya , terima kasih udah mampir .

1 komentar:

  1. gula aren dapat di jumpai di kampunkng saya , di daerah pahauman ,dusun raden ,dusun padakng simpudu .

    BalasHapus