Kamis, 20 Februari 2014

Pahauman Pasar Sentral

Kota pahauman ,adalah salah satu pasar sentral di mana dengan ada nya kota pahauman ini adalah tempat jual beli barang , baik berupa sembako maupun alat elektronik.

Dari berbagai kampung-kampung yang berbelanja di pasar pahauman ini , di antaranya saya sebut lah dari kampung ku yang pertama yakni :

- Dusun Raden, angkabang , kabadu , padakng simpudu, pate ,kalapa sakayu , dan dari simpang ubah , jahingan ,sabatih , tolokng ,kapayang , pak upat , palanyo , binge, poo, , baet , jarikng , kubu , jalutung . Dan masih banyak sekali kalau disini saya sebut kan semua bisa-bisa pusing kepala deh tapi gak apa-apalah biar lebih mengenal kan luas wilayah pahauman ,dari pada hilang kepala bisa-bisa ancore ! . . . . . .

PASAR PAHAUMAN SIMPANG UBAH

Uniknya kalau pahauman sendiri di hari raya misalnya memperingati hari (raya 17 agustus ),telah menjadi kebiasaan sendiri adalah membuat topeng yang di laksanakan dari jam 14:30 atau jam 15:00 (jam 3 sore) ,biasa di adakan oleh pihak-pihak sekolah dan kampung terdekat disitunya .

Banyak berbagai macam ragam manusia yang datang di kota ini apa lagi di tambah banyak nya penjual kain lelong (bekas) yang telah berjejer di tepi-tepi pasar pahauman dari berbagai penjuru kota datang yang berjualan ,pokok nya ramai sekali , ada pun kegiatan yang selalu di laksanakan di pahauman adalah dengan mengadakan turnamen sepak bola yang biasanya di mulai dari bulan atau pertengahan bulan juni hinga berahkir (final) ,di awal bulan september .

di pahauman sendiri terdapat beberapa sekolahan baik sd,smp ,mau pun sma "banyak bangunan rumah yang berdiri di pahauman misalnya seperti diler motor , mini market ,kantor cu ,pokoknya masih banyak walaupun itu milik seorang pribadi tetapi hal ini tetap menjadi kebangaan kota pahauman .

2 komentar:

  1. ini cerita dari ,kampung halaman ku sendiri kalau mau mampir silahkan mampir di kota pahauman .

    BalasHapus
  2. Jarak antara Pahuman dgn kota pontianak ( bandarany) jauh ga ya...
    Kalau kita ke Pahuman dari Jkt ke Pontianak dulu. ? Atau adakah bandara terdekat dari kota Pahuman. ? Terimakasih

    BalasHapus