Sabtu, 04 Mei 2013

Sanggar Baras Banyu Pahauman Kalimantan Barat

STRUKTUR "DAN" KEBUDAYAAN DAERAH

Pahuman ,Tumahe Cerita Ku"Untuk Masyarakat:Strukur Kebudaya,an Adat Dayak dan Pentas seni ,

pauda.jpg

Pahauman ( Tumahe ) Telah Membentuk suatu Pentas Seni kebudaya,an Adat isti Dayak Kanayatn"( Kalimantan ),Dan Disini Saya lagi Menceritakan Tentang Sanggar ,,Pada Kususnya Adalah : Sangar Baras Banyu. ¤ Sedangkan sangar ini berdiri sekitar Tahun ( 2000 /2001 ) DiJalankan Oleh beberapa Angota Dan Yang di ketuai oleh :

¤ PakSukandinAtau"( Pak Iis)

Sedangkan di Bendaharai Oleh :

¤ Pak Pinus Atau di sebut dengan ( Pak Rio ) "

¤ Wakil Ketua nya Adalah : ¤ Bapak Sugianto "

Sedangkan Salah Seorang Penasehat Adalah : ¤ Bpk,Bahudin "Kay.

¤ Sebenarnya ,sangar Ini Cukup Mapan/ Maju Dengan Adanya Latihan Setiap Malam /Semingu Dua Kali .Hinga Sanggar Ini Mampu Menciptakan suatu Infirasi Dan Mengembangkan Sangarnya denganRekaman AudioAtauSuting Vidio,"Bersama di , Studio GALA HERANG _ di pontianak.

pauda1.jpg

¤ Dahulu sangar ini pernah,di Pangil untuk Mengikuti acara Sukuran Kampokng , dan sukuran sunatan , Kontingen Naik Dago ( gawai dayak ) ,yang di laksanakan Setiap tahun pada bulan April (4) tanggal 27 .

¤ Sedangkan Lagu -lagu yang Telah di Publikasikan dalam Sangar baras banyu ini ,seperti:

¤ Ledang ,

¤ Ula Mambang ,

¤ Dara Jampe

¤ Babore

¤ Sebagai Salah Satu Tarian nya Saya Gambarkan Kira-Kira Seperti Ini

tari-dayak1.jpg

tari-dayak2.jpg

tari-dayak3.jpg

tari-dayak4.jpg

Sebenarnya ,gambar-gambar ini , bukan dari baras banyu ,tetapi ada juga yang aslinya ,karena saya pikir ,di sini kan bertopik Sangar /tarian dayak ,saya ambil aja Intinya yakni ,Bernuansa Atau aroma dayak ,jadi gak salahnya kan.

Dari sangar ini sendiri Kalau mengenai struktur Kebudaya,an masih sangat menghayati"Saya Gambarkan di sini Tentang Alat Musik ,Masih memakai Asli Musik dayak ,bahkan Rekaman Audio dan Suting Vidio Semua Memakai Nuansa Asli Adat Dayak Kususnya Adat Dayak Kanaytn ( Kal-bar ).

Dari Hasil Rekaman vidio mau pun Audio Sanggar Baras Banyu Ini Kurang Lebih Lima Ribuan Kaset Vcd/Dvd Yang Telah Beredar Baik Di Kalbar Mau pun di luar kalbar Seperti Di Kalteng Serta Wilayah Lain nya dan Banyak Pula Bereda Mp3 nya di telpon seluler atau Hp

Dari Tahun 2001 ,hinga sekarang sangar inh Masih ,berkarya cuman ,kayaknya tidak se aktif dulu lagi .Entah Kenapa ,Saya juga tidak tau ,Tetapi Jangan kuatir ,karena Kalau Mereka Di Undang di Pesta-pesta Tetap Siap kok

Disi Saya Share Sendiri Salah Satu Dari Sangar Ini Kalau Anda Berminat Anda Dapat Download Lagu-Lagu Mp3 Nya

- Dayak: Dara Jampe .Mp3

dw1.jpg

- Lagu Ledang Mp3.

dw1.jpg

-Lagu Ula Mambang.Mp3

dw1.jpg

1 komentar:

  1. sangar ini masih mengunakan alat musik asli adat isti adat dayak .

    BalasHapus